Mengenal dan Memahami, Apa Itu Alexa Rank ?

Mengenal dan Memahami, Apa Itu Alexa Rank ?

Alexa Rank adalah sebuah peringkat yang diberikan kepada sebuah blog atau website berdasarkan banyaknya traffic atau pengunjung, penghitungan ini dilakukan oleh Alexa.com. Peringkat ini dihitung dari terbesar sampai yang terkecil, jadi semakin kecil alexa rank maka semakin bagus kualitas blog tersebut.

Penghitungan peringkat juga dilakukan berdasarkan jumlah Links In pada Alexa, semakin banyak jumlahnya maka akan semakin cepat alexa rank turun.

Bagaimana Alexa Mengetahui Traffic atau Kunjungan Suatu Blog ?

Informasi mengenai traffic atau kunjungan yang di dapat Alexa berasal dari toolbar alexa yang dipasang oleh jutaan komputer oleh pengguna internet. Oleh karena itu ada baiknya jika ingin alexa rank Anda cepat ramping pasanglah Alexa Toolbar. Dari toolbar tersebut Kita dapat mengetahui ranking suatu blog.

Cara Kerja Penilaian Alexa Rank

Seperti yang sudah Saya jelaskan diatas pemberian dilakukan dari terbesar hingga terkecil, semakin kecil maka semakin bagus. Namun beda halnya dengan Page Rank, penilaian dilakukan dari terkecil hingga terbesar, semakin besar maka semakin bagus. Alexa rank akan mengecil apabila jumlah traffic atau penayangan suatu blog meningkat atau konstan. Sebaliknya jika jumlah traffic atau kunjungan berkurang maka nilai alexa rank pun akan mebengkak.

Penilaian juga dilakukan berdasarkan jumlah links in suatu blog, semakin banyak maka akan semakin cepat alexa rank ramping. Links In adalah backlink yang di dapatkan suatu blog.

Seberapa Penting Alexa Rank

Alexa Rank bisa dibilang penting dan tidak penting tegantung blog apa yang Anda kelola. Menjadi penting apabila blog atau website yang Anda kelola digunakan sebagai ladang mencari uang melalui internet. Kondisinya akan terbalik atau tidak penting apabila blog atau website yang Anda kelola hanya sebagai media tulis menulis saja.

Bagi para blogger yang menggunakan blog sebagai media pencari uang, maka alexa rank sebagai tolak ukur kualitas blog Anda. Oleh karena itu peran alexa rank sangat penting dalam situasi ini.

Cara Merampingkan Alexa Rank

Menurunkan alexa rank dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari rajin membuat artikel, melakukan optimasi SEO onpage  hingga optimasi SEO offpage, mencari backlink dan lain sebagainya. Sebenarnya masih banyak cara yang dilakukan agar alexa rank cepat ramping.

Jadi Alexa Rank adalah peringkat yang diberikan oleh Alexa.com, penting atau tidaknya tergantung tujuan Anda membuat blog ;)

Artikel Terkait

Komentar

Unknown
wah keren nih postingannya kang mousir, selangkah lebih dekat dengan mba alexa :D
Kang Mousir
haha iya sob, mencoba mengenalkan alexa kepada pengunjung :D
Unknown
keren sob :D

http://berbagisesama123.blogspot.com/2014/05/download-film-running-man-subtitle.html
Irfan Syahputra
Alexa selalu jadi kontroversi sob. Banyak kelebihan tapi kekurangannya juga ada. Mungkin ini salah satu kekurangan Alexa Rank yaitu memperlambat loading blog karna ada javascriptnya. Kalau ga percaya coba test di Google Page Speed Insight.

BTW, nice share sob :)
Kang Mousir
Betul sob widget Alexa Rank ini cukup berat, mungkin cara ini bisa diatasi dengan memasangnya tanpa javascript seperti yang sudah dibahas oleh Kang Adhy
http://www.kompiajaib.com/2014/04/alternatif-lain-pasang-widget-alexa-tanpa-javascript.html
Unknown
Pembahasan alexa yang komplit. Untuk alexa saya masih belum stabil. Kadang turun, kadang naik. Maklum, blog jarang dirawat. Banyak kegiatan lain nih. Jadi, sibuk. :D
Kang Mousir
betul sob, alexa rank bisa naik turun kalau blog jarang di update dan diurus seperti blog Saya yang satu lagi :D
Dian Anarchyta
Sebuah kontroversi seperti yg di jelaskan, seperti halnya alexa penting / tidak.
Kang Mousir
betul mba, tergantung dari tujuan ngeblog. Peran alexa akan sangat jelas apabila Kita sudah tahu tujuan membuat blog :D
Unknown
tq ya admin,,,,tapi apa beda PR dengan alexa ya admin???
Kang Mousir
PR itu ranking yang diberikan google berdasarkan intensitas backlink blog tersebut. Sementara Alexa rank adalah ranking yang diberikan oleh alexa berdasarkan seberapa ramai blog tersebut.
Unknown
Permisi kang ,
Mau tanya Kenapa ko jumlah Tautan ke situs saya di webmaster Tool Google Dengan Total Sites Linking In di alexa jumlahnya tidak sama kang ?...
Kang Mousir
Emang berbeda seperti itu mba, sistem penghitungannya berbeda :D
Ade Sanusi
Makasih informasinya sob, Sudah dua bulan status ranking alexa blog ane belum jelas :D kenapa yah?
xxxxx
patut dicoba pasang toolbar :D
Sentral Klin
Infonya mantap. Salam kenal Kang Mousir tapi aku sendiri masih bingung apa blog secara otomatis akan didukung oleh alexa ya. dan kenapa klo alexa ramping kok blog semakin baik ya.
tolong di share ya he...he....he....
ahmad andriana
berguru ah, artikelna bermanfaat pisan kang :IoI:
Unknown
Makasih infonya gan buat pemula kaya saya ini penting banget. kunjungi balik ya

http://celotehanaksemut.blogspot.com/

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal