Blog Personal tentang tips Blogging dan Internet

Siap - siap Hadapi Algoritma Baru Google MobileGeddon

Penggunaan perangkat mobile saat ini persentasenya melebihi pengguna komputer desktop. Oleh karena itu untuk mengapresiasi Google akan meluncurkan algoritma baru mereka, yaitu MobileGeddon.

Google akan meluncurkan algoritma MobileGeddon ini pada tanggal 21 April 2015 mendatang. Jadi sudah siapkan Anda menghadapi algoritma baru milik Google ini ?. Jika belum segeralah beralih ke tema responsive.
Mobile Friendly

Algoritma MobileGeddon adalah algoritma memberi label mobile friendly pada masing - masing situs yang muncul di halaman pencarian dengan tujuan memberikan informasi kepada pengguna bahwa situs tersebut bisa diakses dengan baik di perangkat mobile. Pencarian nantinya dioptimalkan untuk situs-situs yang bersahabat dengan ponsel. Tak peduli apakah pengguna sedang melakukan pencarian di komputer atau tablet, situs yang optimal untuk ponsel akan diprioritaskan.

Google tak menyebutkan secara rinci situs seperti apa yang dianggap mereka bersahabat untuk ponsel, namun mesin pencari itu menyediakan satu halaman khusus untuk menguji apakah situs pengguna memang cocok untuk ponsel.

Berikut adalah pernyatan dari Google yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia :
Mulai tanggal 21 April, kami akan memperluas penggunaan mobile friendly sebagai sebuah sinyal ranking. Perubahan ini akan mempengaruhi pencarian mobile dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki pengaruh signifikan di hasil-hasil pencarian kami.
Algoritma MobileGeddon ini sangat mempengaruhi peringkat website atau blog Anda. Seperti yang sudah Saya sebutkan diatas bahwa situs yang bersahabat dengan perangkat mobile akan diprioritaskan. Jika Anda tidak ingin kehilangan pengunjung Anda dari perangkat mobile, maka segeralah beralih ke tema responsive sekaligus juga untuk mengikuti perkembangan website yaitu Responsive Web Design.

Untuk cek template Anda sudah responsive atau belum bisa di cek di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Jadi segeralah beralih ke tema responsive agar tak kehilangan pengunjung dari perangkat mobile :D
Tag :

Berlangganan : Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Kang Mousir langsung di pesan kotak masuk.

feedburner

48 Komentar untuk "Siap - siap Hadapi Algoritma Baru Google MobileGeddon"

Afiq Ilyasa

Wah, saya juga masih belajar bikin template responsive :D
blog saya udah responsive, tapi footernya kurang responsive :-d

bisa bantu gak kang biar 100% responsive? hehehe

Anak Nelayan

kalau sudah responsif pengunjung tambah banyak, mantap kang

Kang Web

Ok Kang , Thanks Info Nya

Teguh Interpreneur Muda

Saya baru tahu, terima kasih kang infonya? tapi dampak negatif yang lainnya apa ada lagi kang?

We for Share

Pertamax Kang :-d
Berarti blog yang tidak mobile friendly akan dikucilkan dong ? :(

Ismail bin Ismail

kang mousir, ijin pake template sang seonya ya, makasih banget udah berbagi, semoga tambah lancar rejekinya.
templatenya keren abiz, mobile friendly, fast loading dan seo 100%.
ntar kalo saya udah punya rekening di bank insyaAllah pasti beli yg premium, berhubung belum punya rekening jadi belum bisa beli hehehe.
biasa saya orang desa kang hehehe

Forza Juventus

selamat siang kang..

kang bisa editin template saya supaya responsive dan mobile friendly ga kaya template sang seo premium responsive nya kang mousir ??
template saya johny storage dari maskolis...

kalo bisa kira-kira berapa biayanya ??

terima kasih...

Arip Akka Kurniawan

URL yang diminta dialihkan ke website.com yang dilarang oleh robots.txt

itu maksudnya bagaimana pak..
apa harus di setting robot.txt nya

satrio ade

awesome blog saya juga udah mobile friendly kang :)

Fitra Rahim

atasinya pakek mobile friendy toh

Dandy Rizky

.Nice info gan. .Kebetulan Blog ane sudah Responsive. :)

info menarik.NET

Dengan algoritma google terbaru ini, blog yang tidak moblie friendly akan tersisihkan ya mas? Mau tidak mau kita sebagai pengelola blog harus mengganti tema menjadi tema yang responsive ...

Jajang Nurjaman

Blog ku dapat jawaban Mengagumkan...

Bung Frangki

dan siap2 juga kalau ada update algoritma kayak gini, tingkat indeksi link postingan di mesin pencari akan turun lagi :D

Kang Mousir

Kalau bagian yang lain bisa responsive yang footer pasti bisa :D. Dengan menambahkan media queries dan memainkan CSS :D. Semangat belajarnya biar makin jago :)

Kang Mousir

Iya Google menjanjikan seperti itu, tapi bukan hanya sekadar responsive saja. Kecepatan akses di mobile juga jadi perhatian update algoritma MobileGeddon kali ini :)

Kang Mousir

Kalau tidak beralih ke tema responsive dan fast load kamu bakalan kehilangan pengunjung dari perangkat mobile :)

Kang Mousir

Udah diambil sama orang lain gan pertamaxnya :D. Iya gan (khusus di pencarian mobile) lebih baik pindah pakai tema responsive dan fast load aja (Cari aman) hehe

Kang Mousir

Alhamdulillah kalau template Saya bermnafaat buat Anda. Amin gan semoga aja rezeki agan juga dilancarkan dan beli template punya Saya hehe :lol:

Kang Mousir

waduh maaf nih Saya gak buka jasa seperti itu :D

Kang Mousir

Maksudnya gimana ya, masih belum paham hehe.

Kang Mousir

Sip deh cek juga kecepatannya di page insight. Kalau ijo tambah mantap (punya Saya belum :v)

Kang Mousir

Lebih tepatnya pakai tema responsive dan fast load saat di cek di perangkat mobile :D

Kang Mousir

Sip, gimana sekarang sudah terasa efeknya soalnya kan tanggal 21 kemarin baru saja dirilis :)

Kang Mousir

Kurang lebih seperti itu. Iya, kita harus beralih ke tema responsive dan fast load :)

Kang Mousir

Betul Bung Frangki, kalau blog yang sudah sesuai dengan update algoritma kali ini biasanya aman2 saja dan malahan meningkat pengunjungnya. Tapi bagi blog yang belum memenuhi syarat tingkat indeksi akan turun :D.

Adi Firmansyah

Semoga menjadi berkah bagi template mobile friendly termasuk blog kang Mousir. Btw, saya minta izin memakai beberapa kode skrip dari template Sang SEO untuk pembuatan template pertama saya. Tidak lupa saya sebutkan nama Kang Mousir sebagai inspirasi template saya. Bagaimana ? Apakah diizinkan ?

Elang Al Farez

Untung saja sudah Mobile-Friendly :)
Thanks Kang Mousir

Defi Purnama

Thank's buat infonya kang. Saya baru belajar ngeblog. Jadi harus banyak-banyak belajar lagi dan cari-cari info terbaru seputar dunia blogging. Untung saya baca artikel ini. jadi bisa tau info terbarunya hehe. Salam sahabat kang :)

Kurang Cermat

siap dengan perubahan algoritma ini yang pastinya juga akan merubah SEO, beruntung blog saya sudah mobile friendly,

didi suyadi

mantapp kang, ane sdh pake template responsif tapi pengunjung msh blm juga banyak...

Kang Mousir

Amin, silakan boleh digunakan kok :)

Kang Mousir

Mantap, cek juga kecepatannya pada mobile :). Kecepatan akses blog di mobile juga berpengaruh

Wana Sudiro

Terima kasih infonya gan..
sudah di coba ...hasilnya "mengagumkan"

Pengobatan Syaraf terjepit

caranya untuk cek kecepatan blog pada mobile gimana kang... kasih link nya dong

Ahmad Fajar

Blog udah mobile fiendly, tapi kok masih tetep sepi yak :(
kudu belajar sama masternya nih kayaknya...

Dion Angelus

KANG MOUSIR BLOG : BLOG TERBAIK 2015
http://dionlegionis.blogspot.com/2015/06/blog-blog-terbaik-di-tahun-2015-ini.html

kang febby

Mobile friendly memang penting, tapi SEO sangat penting ^_^

kang febby

Kami tunggu artikel selanjutnya kang..

Keiko Kitagawa

Wah saya mau nyoba nih cara nya :) alogaritma google slalu berubah ubah, harus update terus nih biar gak ketinggalan hehe

Cah yono

Cari di google banyak tuh :(

yozi dahfil putra

Untungnya saya jauh-jauh hari udah migrasi ke template mobile responsif kang, banyak sedikitnya memang terasa ada perubahan dari segi pengunjung... Dan sepertinya setelah tanggal 21 april kemarin, perubahan yang signifikan juga tidak terjadi pada blog saya, tidak anjlok juga tidak membaik ... HeuHeu

Prana Jomantara

wah sip mas.terimakasih informasinya.
harus siapin template responsive nih...

inter kick

om dapat berita gituan sumbernya dari mana ?

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Klik emoticon : :) :D :( :-o @@, :s :wow: 8) :x :P :| ;) :lol: :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :-d