5 Strategi Optimasi SEO Untuk Blog

5 Strategi Optimasi SEO Untuk Blog

Melakukan optimasi SEO agar bisa menjadi nomor 1 di Google adalah hal yang diinginkan semua blogger, disini Saya ingin berbagi ilmu dan materi yang Saya dapatkan dari Internet.

Apa yang Saya tulis merupakan penjabaran dari gambar yang Saya dapatkan, langsung saja Apa saja strategi optimasi SEO yang bisa kita coba terapkan pada blog. Sebenarnya ini adalah stategi SEO bagi perusahaan tapi ada salahnya kan untuk dicoba pada blog :D

#1 Get Quality Links

Get Quality Links
Pada gambar diatas ada beberapa hal yang harus di lakukan agar mendapatkan link yang berkualitas, antara lain :
  • Create authoritative content people want to read & share
  • Examine competitor backlinks
  • Post a guest on high-ranking sites
  • Network in social media
  • Reclaim your brand : Get linked where you're mentioned
Jadi ada beberapa poin yang harus di lakukan agar mendapatkan link berkualitas seperti membagikan post/artikel/konten ke beberapa sosial media yang ada seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan lain sebagainya.

Ini  hal yang paling penting, buatlah konten yang menarik dan dibutuhkan yang membuat orang ingin membacanya dan membagikannya kepada yang lain.

#2 Google Authorship

Google Authorship
Diatas dijelaskan beberapa poin yang harus dilakukan seperti menghubungkan blog dengan Google Plus seperti yang sudah Saya bahas sebelumnya.
  • Influences page rank
  • Google+ profiles for all your authors
  • Authors claim their authorship
Dijelaskan bahwa untuk mengklaim kepemilikan blog/website dengan google plus untuk semua penulis pada blog tersebut. 

#3 Set a Canonical URL

Set a Canonical URL
Ini beberapa poin untuk mengatur URL yang unik dan bagus untuk sebuah blog
  • "Canonical" - the best URL
  • Tells search engines which page is preferred (in case of duplicates)
  • Consolidates the power of page
  • Permanently redirects (301) to canonical, full link value
Diatas sudah dijelaskan untuk membuat URL yang bagus alias singkat tapi tepat sasaran, ada beberapa blogger yang kadang lupa memperhatikan link ini. Saya beri contoh link yang bagus dan buruk untuk Optimasi SEO, misalkan judul artikelnya "Cara Optimasi SEO Dengan Benar" kita ilustrasikan pada contoh link dibawah ini.

https://example.com/?p=134
https://example.com/archives/134
https://example.com/cara-optimasi-seo-dengan-benar/
https://example.com/2014/05/cara-optimasi-seo-dengan-benar.html
Jadi buatlah link yang diikuti dengan judul dari artikel tersebut dan jangan biarkan link tersebut terpotong. Jangan buat link yang terlalu panjang, karena itu sangat buruk, buatlah singkat namun tepat sasaran.

Apabila terdapat alamat yang salah lakukan redirect yang error ke alamat yang benar, kesalahan ini bisa di cek Google Webmaster Tool. Kesalahan ini misalkan error 404, error 503 dan yang lainnya.

#4 Microdata & Schema

Microdata and Schema
Beberapa poin yang harus di lakukan pada tahap ini
  • HTML tags tell search engines what the page is about
  • Richer search result
  • Better search rangkings
Jadi buatlah struktur template blog Anda dengan memasang microdata dan schema yang di sarankan oleh webmaster, dengan memasang ini memberitahukan mesin pencari tentang apa isi blog tersebut. Dengan memasang ini juga akan memudahkan mesin pencari menjelajahi bagian - baian blog Anda.

#5 Responsive Design

Responsive Design
  • Web pages alter their appearance according to device
  • Single HTML code for the pages servicer desktop & mobile
  • Easiers for users to interact with, share & link to
Jadi apa maksudnya responsive desain ? maksudnya adalah blog Anda bisa dibuka di perangkat desktop dan mobile apapun dengan tampilan yang menyesuaikan dengan perangkat mobile tersebut. Jika Anda menginginkan blog Anda bisa diakses di perangkat apapun maka wajib melakukan langkah ini.

Ok, itulah 5 Strategi Optimasi SEO Untuk Blog yang bisa Anda coba terapkan pada blog Anda. Walaupun ini adalah strategi yang dikhususkan untuk sebuah perusahaan tak ada salahnya Anda mencoba menerapkan strategi ini pada blog ;)

Artikel Terkait

Komentar

Unknown
Sangat bermanfaat utk pemula
Silakan komentar back
Tutorialeditblog.blogspot.com
Kang Mousir
betul gan cara ini bisa dicoba agar blog bisa menjadi number one di Google ;)
Irfan Syahputra
Lagi-lagi SEO, kenapa harus ada SEO sih dalam Blog? Buat repot aja :wow:
Kang Mousir
Biar ramai pengunjung dan bisa nongol di halaman pertama Google gan, kalau gitu kan bisa dapat penghasilan dari blog :D
Unknown
mencari pengunjung tidak harus lewat google, jd yg gak mudeng seo spt saya gak perlu takut trafik rendah :)
Kang Mousir
datangya pengunjung banyak dari mesin pencari Google, jadi penting sekali SEO ini. Sebenarnya bagus juga jika mendapatkan pengunjung bukan dari mesin pencari. :D
R.M
Mungkin yang di target saat ada pada posisi page pertama adalah Uniqe pengunjung google, karena aku melihat beberapa artikel yang membahas ini unoqe artikel akan lebih berpengaruh dari pada dari yang lain,,,,,,kalau kurang bener mohon untuk lebih jauh di jelaskan terimakasih,,,di tunggu kunjungan balikny,,,makasih
Unknown
ikut simak saja, soalnya kurang mengerti yang beginian hehe :)
Kang Mousir
silakan sob, dipelajari sedikit demi - sedikit nanti juga paham kayak beginian :D
Unknown
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown
kalau saya sih benar2 tidak mengerti tentang SEO, kalau kakak saya sih lebih paham, saya aja untuk mengotak template tidak pandai hi.. :)
Kang Mousir
Pertama mengenal emang membingungkan. Kakak nya Mbak Leony bukan ? :D
Unknown
masih bingung aku,,,, saya bisanya malah nulis dan nulis tentang template malah buat saya bingung lagi :D hehehehe...
Kang Mousir
Gak apa - apa kok, tekuni saja apa yang Kita suka dulu daripada nantinya jadi bikin pusing :D
Bahrul Alam
harunya dijelasin lebih detail gan... saya masih kurang ngerti google authorship , microdata dan schema .
Kang Mousir
Saran yang bagus, untuk Authorship sudah Saya bahas dengan lengkap, silakan klik link yang sudah Saya arahkan.
Kalau untuk microdata dan schema belum Saya jelaskan secara rinci karena terlalu panjang untuk di jelaskan dalam 1 artikel. Saya hanya mengambil poin - poin penting saja.

Agar lebih mudah memperlajarinya lebih baik secara bertahap, nanti akan coba Saya bahas pada artikel selanjutnya ;)
you
pencerahan yang baik buat meningkatkan seo blog
Kang Mousir
betul sob poin - poin yang penting untuk meningkatkan SEO :)
Ferdi
wah bener banget nih... perlu saya praktekkan nih strateginya
Kang Mousir
Silakan gan, semoga bisa menambah wawasan tentang Optimasi SEO
Unknown
Blog saya sih masih mengabaikan yang namanya Google Authorship sih gan...
Hehehehe

BTW Nama font postingan blog ini namanya apa ya??
Unknown
nice artikel gan :) bermanfaat banget buat blogger yang masih newbie :D hehe
Unknown
Like this, I will be runing your tips. thanks. sukron.
http://kebaikankomputer.blogspot.com/
Berbagai Info
Kalau blognya banyak bagaimana mengurusnya ya!
Kang Mousir
Sama lakukan langkah optimasi SEO diatas, tentunya menjadi banyak pekerjaan soalnya blognya banyak :D
Unknown
My first Blogwalking kang ...
http://tonybloggerkeren.blogspot.com

nah ini baru namanya T.O.P
jaminan ampuh masuk pertamax SE :-d
cuman prakteknya butuh ketekunan :)
Ferry Rinaldi
Thank kang infonya bikin saya baca jadi ngences... mantap Kang
wahyudi
keren sekali artikelnya buat optimasi toko online saya. thanks gan
Huda
tapi harus hati2, kalau kebanyakan optimasi seo, bisa kena google sandbox, stress deh kalau kena sandbox :roll: kunbalnya kang
http://clickandskip.blogspot.com
Mizle West18
masih lebih banyak belajar cara optimasi blog, sepertinya artikel seperti pancake durian medan milik saya mesti banyak dioptimasi lagi..
Unknown
Thanks mas infonya.

Tambah Ilmu :-d
Laptop
boss cara artikel biar good dan bisa di index google gimana ?
Isya Ansyari
pada poin 3 emang bener, url pendek dari judul artikel saya, trafik ny lebih byk dr url yg panjang. :-d
John
Saya Banyak Belajar Dari Blog ini. Kang Mousir Tidak Segan Segan Berbagi Ilmu.. Terima Kasih Kang..
Admin
Mantaps gan.. saya ikut nyoba nih...

Utk yang tips #3 cara set cannonical url yg otomatis tu gimana ya? ap ada meta tag khusu gak? ko kayaknya ak pernah lihat
admin
mantap sekali info info di blog ini mas saya sangat senang membaca artikel di blog ini kalau ada waktu silahkan mampir ke blog saya yang masih sederhana ini mas.
Unknown
kang saya masih bingung nih dengan optimasi blog, masih belum paham -_-
Cepi Ali Anwari
Artikelnya membantu sekali, sebagai newbie saya banyak belajar dari blog ini... Terimakasih salam kenal dari Cepi Ali Anwari si newbie
Unknown
Terimakasih Ilmunya kang, sangat bermanfaat bagi yang awam seperti saya :D
Unknown
TERIMAKASIH INFONYA..SEMOGA BISA BELAJAR LEBIH BAIK LAGI DIRI BLOG INI
Unknown
Wah mantaf kang ..
Pelajaran baru buat saya :)
Unknown
info bagus, optimasi blog memang mempunyai bb teknik, dan ternyata saya temukan di blog anda.
terimakasih.
Andi Firmansay
Misal nitip di optimalisasikan berapa biayanya ya mas? :)
daniel
Mungkin ini yang saya cari selama ini, memang untuk optimasi harus tepat jika berlebihan akan menjadi tidak baik juga ya mas....makasig atas sharenya
Unknown
terimakasih mastah infonya sungguh bermanfaat bagi saya krna saya pemula, salam kenal dr saya blogging pemula :D

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal