Mengenal Author Rich Snippet

Mengenal Author Rich Snippet

Saat Anda mendengar Author Rich Snippet mungkin Anda sudah tidak asing atau baru mengenalnya. Sebelum kita mengulas Apa Author Rich Snippet ? alangkah baiknya kita harus mengenal dahulu mengenai Rich Snippet.

Apa Itu Rich Snippet ?

Rich Snippet adalah beberapa data yang disajikan kepada mesin pencari, diantara nya seperti Judul, Alamat URL, Pemilik, Lokasi, dan lain - lain. Saat Anda mengetik kata kunci pada mesin pencari, secara otomatis mesin pencari akan menampilkan data - data yang dibuat oleh pemilik blog/web.

Berdasarkan pengalaman dan penelusuran yang Saya lakukan ternyata Rich Snippet sangat berpengaruh terhadap SEO. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa Rich Snippet tidak menjamin blog/web Anda berjaya di mesin pencari. Tentunya ada beberapa hal lain agar blog/web Anda berjaya di mesin pencari.

Baca :

Apa Itu Author Rich Snippet ?

Sekarang kita akan menjelaskan Apa Itu Rich Snippet ?. Author  Rich Snippet adalah data yang disajikan kepada mesin pencari, berupa Foto Author, Nama Author dan Jumlah Followers. Untuk lebih jelas mengenai Author Rich Snippet Saya sajikan dengan Screenshoot nya.

Author Rich Snippet

Itu adalah contohnya namun, terkadang Author Rich Snippet kadang muncul dengan fotonya dan kadang pula tidak seperti halnya contoh gambar diatas. Oleh karena itu Author Rich Snippet yang benar adalah seperti gambar dibawah ini. Saya ambil sampel dari trikmudahseo.blogspot.com.

Author Rich Snippet Trik Mudah SEO

Keuntungan Memasang Author Rich Snippet

Ada beberapa keutungan memasang Author Rich Snippet atau baca lebih lengkapnya 5 Keuntungan Memasang Author Rich Snippet

  1. Menambah kepercayaan Search Engine kepada blog/web Anda.
  2. Menarik perhatian pengunjung, karena dengan adanya Author Rich Snippet pengunjung akan lebih tertarik kepada blog/web Anda.
  3. Mempunyai nilai klik lebih tinggi.
  4. Memungkinkan blog/web Anda ada di halaman pertama search engine.
  5. Lebih Professional

Author Rich Snippet ini dibutuhkan akun Gmail karena data yang ditampilkan pada mesin pencari adalah data dari Google Plus. Bagi Anda yang ingin mengetahui Apakah blog Anda sudah ada Author Rich Snippet dapat mengeceknya di https://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets. Itulah pembahasan sederhana mengenai Mengenal Author Rich Snippet. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda semua.

Artikel Terkait

Komentar

fizzi
Keren kang, rekues dong, cara buat subscrib email kayak di blog agan :D
Kang Mousir
ok request Saya terima, pantengin aja blog ini Nanti akan Saya coba share. :D
Unknown
mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya
jangan lupa follow dan kunjangannya mas.
Kang Rian
postingan yang menarik, tapi mungkin akan lebih menarik lagi jika diberikan tambahan check rich snippet tool blog masing-masing di http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets :)
Kang Mousir
lupa Kang, sekarang sudah di perbaharui. Terima kasih atas koreksinya. :D
Dian Anarchyta
Punyaku kok ada rich snipet hanya di homepage ya..
Kang Mousir
Seperti itulah sis, terkadang data yang ditampilkan di search engine tidak komplit. Seperti foto yang menghilang dan terkadang yang paling mengesalkan adalah tidak ada sama sekali Author Rich Snippet.

Namun, ada beberapa alasan kenapa Foto Author tidak muncul pada halaman pencarian. Berdasarkan pengalaman Saya sendiri dikarenakan foto yang digunakan oleh Author adalah sebuah foto palsu atau hanya gambar kartun dan sebagainya. Oleh karena bila Foto Author ingin nampang di pencarian gunakan foto asli agar google mem verifikasi foto tersebut sebagai foto asli Anda ;).
Cak Djarwo
wah bagus juga artikelnya gan,,, thx tlah sharing,,, heeee
Dafin defandaky
saya sudah pasang kang, tapi sempat nemu artikel tentang bahayanya juga ni jadi sekarang lagi nyari benr gak ya...
Kang Mousir
Justru Author Rich Snippet sangat baik untuk web/blog dengan ini Google lebih percaya karena dengan memasang ini menyatakan bahwa Anda pemilik sah dari web/blog yang Anda kelola.

Sebenarnya yang berbahaya itu adalah Review Snippet karena fungsi sebenarnya disalahgunakan, kebanyakan kasus ini terjadi pada blog platform blogger. Review Snippet ini menampilkan data seperti rating bintang, orang mereview, harga dan juga bisa ditambahkan yang lainnya. Fungsi ini malah disalahgunakan seperti memasang rating bintang sesukanya, jumlah orang yang me review hanya untuk menarik pengunjung namun faktanya itu hanya data palsu atau tidak sesuai kenyataannya.

Bahkan baru - baru ini Saya menemukan teman - teman blogger mengeluh blog mereka dihapus karena memasang Review Snippet .
Gupitan
Google menyediakan fitur uini pasti ada manfaatnya, kebetulan saya juga sudah pasang buat menghindari error di webmaster :)
Kang Mousir
Bermanfaat banget pokoknya, mungkin error yang dimaksud adalah hCard Author. Ini hanya untuk mem verifikasi kepemilikan web/blog ;)
Unknown
mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya
jangan lupa follow dan kunjangannya mas.
Kang Mousir
Terima kasih atas dukungannya :D
Lambda Sangkala
Thanks info nya gan.. :D
komeng-komeng balik ya gan ke blog ane http://juankairwebster.blogspot.com/ :lol:
Wahyu Eka Prasetiyarini
alhamdulillah blog saya sudah muncul mas rich snippet nya. Terimakasih atas share nya ya :)
Kang Mousir
Kalau mba tidak usah ditanya lagi pasti udah muncul, Udah jago kalau yang ginian artikelnya juga top 1 :D
Kang Muroi
di template saya yang dulu sudah ada kang, tapi pas ganti tempe lagi jadi ilang tuh author rich snippetnya...kayanya harus utak atik lagi biar muncul :D..

makasih ah infonya
Kang Mousir
Sebenarnya simpel kok mas, tinggal menambah link rel author diatas kode head, seperti ini. Langkah selanjutnya tinggal menngisi kontributor blog di google plus.
<link href='URL GOOGLE PLUS ANDA' rel='author'/>
Atlast
Untuk seo bagus juga ya, awalnya ane kira cuma untuk mejeng foto di seacrh engine aja..
Kang Mousir
Iya mas daripada pakai Review Snippet yang berbahaya mending pakai cara Author Rich Snippet :D
krisna
Wah boleh dicoba ne kang, makasi infonya kang :-d
tes
kang saya mau nanya,sory nanya nya dipostingan ini pdhal ini pertanyaan menyangkut template sang seo responsive,,karena disana terlalu rame,mknya saya pindh ksini,,

pertnyaan nya gini kang,
1. apa yang hrs saya isi pd kolom # tersebut agar menu saya bs muncul di gadget,

a href='#' ='mobilenav'>Select Menu

2. yg kedua kenapa tulisan HTML untuk backlink maupun permaling yg saya masukan ke dlm teks area tidak muncul ya kang,,

terima kasih sebelumnya dan mohon jwbnya kang, krn template ini saya pakai untuk blog utma saya,
ne alamat blog yg saya maksud http://balaikamih.blogspot.com/
daniel
Terima kasih atas tipsnya kang, saya sudah mencoba kira2 berapa lama muncul pada pencarian?
Unknown
Masih kebengungan tentang rich snippets...apa pun informasi yang bagus untuk diikuti...

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal